mengatasi kerusakan pada dinding rumah 1

9. Binding retak Retak pada dinding tidak mengenal jenis rumah
Mulai rumah kecil hingga rumah megah pun tidak luput dari keretakan. Ada dua jenis retak pada dinding, yaitu retak rambut dan retak struktur. Retak rambut menyebabkan dinding tidak enak dilihat, sedangkan retak struktur dapat membahayakan pemilik rumah. Retak struktur ditandai dengan kondisi retakan yang lebar dan dalam, yaitu di atas 1 mm. Retak rambut merupakan retakan bercabang-cabang dan ukurannya di bawah 1 mm. 

Ada banyak penyebab yang membuat dinding retak. Retak rambut disebabkan oleh pekerjaan acian yang tidak sempurna. Dengan kata lain, pengel'jaan aclan yang tipis dan belum kering, tetapi sudah dilapisi lagi dengan acian hingg a saat aclan yang terakhir kering. Padahal, acian pertama belum kering hen". Hal in: membuat uap hasil proses pengeringan acian yang pertama mendorong ‘apisan dukung oleh struktur pondasi yang benar. Keretakan akibat struk tur perlu penanganan khusus sehingga harus diserahkan pada ahlinya. Lain halnya pada retak rambut, perbaikannya dapat dilakuka 

Berikut Iangkah~langkah pengerjaannya. 

a. Bahan dan alat 

-Ampelas 
- Cat yang fieksibel 
- Kuas
-Roller besar dan kecil
-Kain 
- Kape dan kape scrape   
- Wall We! (dempul tembok) 
- Wall sealer (pengikat tembok) 

b. Langkah-Iangkah pengerjaan 

1) Kupas cat yang terdapat di sekitar retakan dinding dengan menggw nakan kape dan ampelas hingga terlihat dinding betonnya, lalu bersihkan dengan kain hingga tidak berdebu. 

2) Siapkan wall sealer, Ialu aplikasikan ke seluruh dinding dengan kuas atau roller. Tujuannya agar permukaan dinding terlapisi dengan kuat sebagaipengerjaan pelapisan selanjutnya.tembok dapat menutupi permukaan dinding seluas 10--13m2

3) Setelah kering (sekitar 2 jam), Iakukan pengaplikasian dempu! tembek ‘ , . , pada seiumh bagian din din g yang retak dengan menggunakangkape atau kape scrape. Biarkan minimal 2 jam hingga sehari. Setelah itu, barulah bagian dinding didempul dan diampelas. Agar dinding siap dicat, lapisi Iagi bagian yang didempul dengan bahan pengikat tembok. 

4) Agar pengerjaan terlihat rapi, lakukan pengecatan secara bertahap pada bagian dinding yang sudah didempul. Mulailah dari bagian sis? 'uar atau tepi bidang dinding yang berbatasan dengan plafon atau kusen. Lakukan pengecatan dengan kuas. Untuk bidang yang luas. pengecatan dilakukan dengan roller. 

10. Plesteran pada dinding  rumah lepas 


Plesteran pada dinding terlepas dapat diakibatkan oleh kualitas Spesi saaf pengerjaan penutupan dinding kurang baik. Untuk itu, segera perbaiki kerusakan 'tersebut sengan cara berikut ini. 

a. Alat dan bahan 
-Pain
- Kape
- Air
- Semen
-Sendok semen 

b. Langkah~|angkah pengerjaan '

1} tapas semua bagian piesteran pada dinding dengan kape sampai pada bagian yang masih melekat kuat pada dinding. 

3)Lapin dinding «engan plasma/an yang berkualitas, yam! perbandinga" " gamer! den past; cukum ' 

F. Instalasi Pembuangan Air 
Sebagai instalasi yang berfungsi mengatur arus keIuamya air dari rumah maka instalasi air harus dijaga agar tidak menghambat pembuangan air. Aktivitas tersebut rutin dilakukan setiap harinya. Saluran pembuangan air sering tersumbat, apalagi yang ditanam di da‘am tanah. Hat ini sangat mengganggu karena dapat menghambat keiuamya air kotor dari dalam rumah. Berikut cara mengatasi permasaiahan tersebut. 

a , alat dan bahan
- av NaOH (natrium hidroksida) atau soda api 
- Air 

b. Langkah-langkah pengerjaan 
1) Taburkan sedikit NaOH atau soda api pada saluran pembuangan air yang tersumbat.
 2} Diamkan selama satu malam, kemudian siram dengan air. Endapan kotoran yang sudah terkikis akan mengalir bersama air.

Komentar