mengatsi kerusakan pada dinding rumah

2. Cat dinding  rumah mengelupas (fleaking) 


Cat dinding mengelupas umumnya disebabkan oleh pengecatan awal yang salah dan lapisan cat akhir tidak merekat kuat. Kerusakan tersebut sebenarnya dapat dihindari bila proses pengecatan awal dilakukan dengan eksterior. Penggunaan cat dasar bermanfaat untuk mencegah cat luar bersentuhan dengan alkali yang terkandung dalam campuran semen, pasir, dan air. Berikut langkah-langkah untuk mengatasi cat dinding yang mengelupas. 

a. Alat dan bahan

 -Kuas rol (roller)                    - Kuas
- Bak untuk mengecat           - Kape 
- Lap basah dan lap kering    - Ampelas no 100-400 
-Cat tembok (cat eksterior)    -Cat dasar (alkali resistant prymer} 

b. Langkah-langkah pengerjaan 1) Kerok cat yang mengelupas dengan menggunakan kape. 2) Ampelas permukaan dinding hingga sisa cat hilang. 

3) Agar benar-benar bersih, lap dengan lap kering, kemudian dilanjutkan dengan lap basah. 

4) Aplikasikan cat dasar pada dinding yang telah dibersihkan dengan menggunakan roller. Pengecatan cukup satu lapis, kemudian biarkan kering selama 1-2 jam. 

5) Sambil menunggu cat dasar kering, campurkan cat eksterior dengan air sebanyak 10% dari jumlah cat. Aduk cat hingga rata, kemudian tuang ke dalam bak pengecatan. Celupkan roller ke bak cat, lalu gulirkan pada permukaan bak. 

6) Aplikasikan cat pada permukaan dinding yang telah diberi cat dasar. Gunakan kuas kecil untuk mengecat pinggiran dinding atau lis. 

7) Setelah lapisan pertama mengering (2-3 jam), lanjutkan pengecatan lapisan kedua di atas lapisan pertama. 

3 Cat dinding  rumah menggelembung (blistering) 


Cat menggelembung disebabkan oleh lapisan yang rapat dan plazas rmutu tinggi. Bila ada air yang terjebak di bawahnya air tersebut. tertahan dag menggelembungkan lapisan cat. Selain itu, pengecatan didnding  yang masih basah juga dapat menimbulkan gelembung. Kasus yang sereg terjadl pada pengecatan ulang dinding adalah lapisan pertama tertalu tebal sehingga pengeringan tidak merata atau lapisan cat pertama belum benar-benar kering. 

Agar penggelembungan tidak terjadi, Iakukan pencegahan sedini mungkin. Bagian dinding yang akan dicat diusahakan bebar-benar kering. Bila dilakukan pengecatan ulang, usahakan agar lapisan pertama benar-benar sudah kering sebelum pelapisan cat selanjutnya. Namun, bila penggelembungan sudah 

terjadi, Iakukan langkah-langkah berikut ini. 

a. Alat dan bahan 

-KUBS
- Cat tembok (cat ekstenor) 
-Kape 

b. Langkah-langkah pengerjaan 1) Kerok bagian cat yang menggelembung dengan kape. 2) Bersihkan permukaannya dan biarkan sampai kering. 

3) Setelah kering, lakukan pengecatan. 

4. Dinding rumah berjamur dan berlumut 



lklim tropis sangat mendukung tumbuhnya jamur, terutama ruangan yang lembap, seperti kamar mandi, wastafel, atau bahkan tembok luar yang serinQ terkena cipratan air hujan. Memang penyebab berjamur bukan hanya itu, dapa‘t juga jamur terjadi akibat atap bocor atau air tanah naik ke dinding. AdanyajamUr pada dinding ditandai oleh noda hitam, sedangkan lumut biasanya tampak 503‘“ area berwarna hijau. Kedua masalah ini dapat membuat dinding sedikit demi sedikit melapuk sehingga berkurang kekuatannya 

Komentar